Eroni News
Loading...

Belajar IF ELSE Dasar di PHP

Belajar IF ELSE Dasar di PHP - Fungsi if else pada dasar nya digunakan di setiap pemrograman, sebut saja php, asp, dll dengan berbasis website, untuk yang lainnya java, vb, dll dengan berbasis desktop. Mungkin dari penulisan tidak lah jauh berbeda, hanya saja disetiap pemrogragaman mempunyai sifat yang berbeda - beda, ada yang harus menggunakan tanda titik koma (;) disetiap akhir statement/pernyataan program nya dan ada juga yang tidak. Pada post ini harus menggunakan tanda titik koma (;), karena kita akan sama - sama mencoba pada pemrograman PHP. Ada persiapan apabila kita ingin mencoba latihan PHP ini, mengenai apa saja nya, mari kita lihat pada post Mengenal Web Server Lokal.
Apabila anda ingin mempelajari dahulu PHP dasar nya bisa ke PHP dasar dengan mudah dahulu.

Baik, kita masuk ke pembahasan secara mendalam lagi mengenai if else. Pada dasar nya fungsi dari if else itu bisa kita gunakan hanya if nya saja tergantung untuk apa program kita nanti yang akan kita gunakan. Berikut beberapa penjelasannya :
1. IF
Digunakan ketika mempunyai pernyataan apabila benar/true maka langsung eksekusi(baca : jalankan), apabila salah/false maka abaikan.
2. IF ELSE
Digunakan ketika mempunyai dua pernyataan atau lebih yang ingin kita tampilkan salah satunya. Terkadang dalam mengeksekusi sebah program, kita harus mengeksekusi dua kali perintah atau lebih secara langsung. Apabila kondisi pertama benar maka program berhenti disitu dan tampilkan. Apabila kondisi pertama salah/false maka akan lanjut ke kondisi kedua. Dan seterusnya sampai ke berapa kondisi tersebut selesainya, lalu tampilkan.

Screenshot

Belajar IF ELSE Dasar di PHP
Berikut dibawah merupakan contoh sederhana, yang boleh anda coba. Contoh dibawah pada saat transaksi dan mendapatkan bonus.

<?php

echo "<h3><b>TOKO SW ACCESSORIES</b></h3>";

$nama = "Nia Munggaran";

$nama_barang = "Smartfren Andromax R";

$jumlah_beli = 7;

$harga = 1600000;

$total = $harga*$jumlah_beli;





if ($total > 7000000){

    $bonus = "MiFi M2Y 4G LTE";

}

elseif ($total > 3000000){

    $bonus = "Flip Case";

}

else {

    $bonus = "Tidak dapat bonus";

}

print"<pre>";

print("Nama Kasir   = $nama<br>");

print("Nama Barang  = $nama_barang <br>");

print("Harga        = $harga <br>");

print("Jumlah Beli  = $jumlah_beli<br>");

print("Total Beli   = $total<br>");

print("Bonus        = $bonus");

?>
Diatas merupakan contoh dari penggambaran transaksi oleh kasir yang membeli smartphone di sebuah toko penjualan hp dan aksesoris, apabila belanja diatas Rp. 3.000.000 mendapatkan flip case, kemudian apabila belanja diatas Rp. 7.000.000 akan mendapatkan Modem MiFi 4G M2Y, selain itu tidak akan mendapatkan bonus. Dan sifatnya masih statis, apabila kita ingin mengubah jumlah belinya, harus membuka program nya, latihan ini cocok untuk program yang tidak untuk di ubah atau untuk latihan saja. Diatas ada tanda dollar ($), yang artinya variabel, untuk lebih jelas nya ada di mengenai Pengertian Variabel serta Penulisan di PHP.
Bagaimana? sudah jelas bukan. Mengenai pembahasan if else pada PHP, demikian untuk post kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di post - post selanjutnya ya. . .

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive