Eroni News
Loading...

Membuat Combo Box dengan HTML

Membuat Combo Box dengan HTML - HTML merupakan bahasa struktur yang berbasis web, dengan bahasa inilah kita bisa bereksplorasi membuat website dimulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Bermula awalnya keingin tahuan penulis ketika melihat formulir pendaftaran online, seperti misal saat daftar di akun fb, twitter, google, dan sebagainya.  Kita sering melihat bentuk pemilihan data disaat di klik akan turun kebawah atau biasa dikenal dengan drop down, itu lah yang disebut dengan combo box. Pada penerapannya sering ditemukan di formulir pendaftaran online lebih tepatnya disaat memilih agama, bahasa yang bisa kita gunakan pun sangat banyak dalam pembuatan combo box ini, katakanlah bahasa pemrograman java, vb, C#, dll semua nya bisa membuat tool yang satu ini. Untuk kali ini akan dibahas bersama - sama mengenai pembuatan combo box di HTML. Mari sama - sama simak yah . . .

Combo box tentunya mempunyai fungsi yang sangat penting dalam hal pendaftaran online, karena dengan tool ini lah kita bisa menentukan data yang lebih dari satu namun data tersebut bersifat statis artinya sudah ditentukan oleh admin pendaftaran yang bersangkutan. Misal pada formulir agama, bayangkan saja bagaimana jadi nya apabila form agama menggunakan textbox, penulis yakin isi nya akan berbeda - beda yang masuk ke database nya, mungkin ada yang menulis huruf nya kecil semua, ada yang besar semua atau mungkin apabila sistem informasi nya tidak disertai dengan validasi yang bagus para user yang mengisi form pendaftaran online akan mengisi tidak sesuai dengan yang diminta pada form online. Yaa. . . mungkin para user mungkin sedang sibuk situasi dan kondisinya atau yang hanya sekedar iseng(baca : tidak ada kerjaan) saja, jadi apa yang diinputkan masuk saja kedatabase. Ini yang akan menjadi masalah, data yang masuk ke database hanya lah data yang tidak bermakna, itu akan membebankan ke space databasenya. Bisa saja dengan textbox serta di pasang validasi yang komplit, tapi permasalahannya itu akan menjadi kan prosesnya lama dalam mendaftar online, misal dengan keterangan validasi "mohon agar isikan dengan islam, budha, hindu, kristen, dll " itu akan memakan space dan waktu yang banyak dan lama.

Dengan combo box kita bisa mengatasi semua itu, agar mengefesiensikan tempat yang ada serta cepat, cepat maksudnya kita tidak perlu mengetikan tetapi tinggal klik saja maka akan menurun kebawah pilihan - pilihannya tinggal pilih saja, sudah.

Tag yang digunakan pada combo box itu adalah <select>, dan mempunyai elemen yang harus selalu ada di antara <select> dan </select>, yaitu <option> memiliki tag penutup yaitu </option> dan mempunyai beberapa attribut diantaranya :

  • name, untuk penamaan pada combo box apabila kita membuat form agama, kita bisa memberikan nama "agama". Biasa nya akan digunakan untuk di panggil ke halaman lain.
  • value, memberikan nama pada tiap agama misal pada islam maka isinya "islam", pada kristen maka isinya "kristen", dll. Ini biasanya untuk tingkat lanjut akan digunakan untuk dipanggil serta ditampilkan dihalaman lain.
Screenshot
Membuat Combo Box dengan HTML
Tools
  • Web Editor (Notepad)
  • Web Browser (Mozilla)

Cara Pasang
  • Ketikan kode dibawah di web editor
 Agama : <select>

  <option name="agama" value="Islam">Islam</option>

  <option name="agama" value="Kristen">Kristen</option>

  <option name="agama" value="Budha">Budha</option>

  <option name="agama" value="Hindu">Hindu</option>

</select>
  • Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama combo.html dan lihat hasilnya
  • Selesai

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Archive