Eroni News
Loading...

Membuat Perulangan For di PHP

Membuat Perulangan For di PHP - Perulangan atau dalam bahasa inggris nya biasa dikenal dengan loop, merupakan suatu perintah program yang bertujuan untuk mengulang beberapa angka atau huruf yang akan berhenti dalam kondisi tertentu atau terus mengulang. Struktur pengulangan ini biasa kita terapkan di berbagai bahasa pemrograman, namun disini yang akan diterapkan di PHP saja. Pembuatan perulangan pada php atau bahasa pemrograman lainnya mempunyai berbagai macam cara, salah satu nya yang akan kita sama - sama pelajari sekarang adalah Jenis Perulangan For. Sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya yaitu mengenai IF ELSE Dasar di PHP.

Cara Menulis Struktur Perulangan

Pada penulisan perulangan ini mempunyai 3 kondisi, pertama kondisi awal, lalu kondisi pada saat perulangan, dan kondisi dimana perulangan itu harus berhenti.

Dibawah merupakan contoh perulangan for :
for(start, condition, increament)
{
Statement
};

Penjelasan :
Start, suatu perulangan awal, biasanya pemberian variabel counter. Contoh misalkan dengan tanda $i, untuk kondisi saat ini kita harus memberikan nilai pada variabel ini. misalkan dengan angka 1, maka akan jadi seperti ini $i=1.
Condition, kondisi yang dipenuhi agar perulangan itu di jalankan. Biasanya berisi batasan sampai seberapa lama perulangan itu diakhiri.
Increment, bagian untuk melakukan proses variabel counter.
Statement, bagian dari kode program yang akan di pakai dalam proses perulangan sampai perulangan itu berhenti

Untuk lebih jelasnya akan diberikan  contoh yang paling sederhana, seperti berikut ini :

<?php

for($i=1; $i<=15; $i++)

{

    echo "Belajar PHP menyenangkan";

    echo "<br/>";

}

?>
Sehingga akan dihasilkan seperti dibawah ini
Membuat Perulangan For di PHP-1
Sekarang coba lagi yuk, contoh lainnya bagaimana menampilkan angka 1 sampai 10 tanpa kita mengetik satu persatu, tetapi program yang bekerja. Oke simak ya...

<?php

for($i=1; $i<=10; $i++)

{

    echo $i;

    echo "<br/>";

}

?>
Apabila coba jalankan maka akan tampil seperti dibawah ini

Infinity Loop

Ya, dari infinity loop yang berarti perulangan ini tidak ada batasnya, karena kondisi yang diberikan tidak seperti contoh - contoh diatas. Untuk lebih jelasnya mari kita coba latihan berikut ini :

<?php

for($i=10; $i>=1; $i++)

{

    echo $i;

    echo "<br/>";

}

?>       



Dimulai dari kondisi awal $i=10, dengan diberikan kondisi perulangan  nya $i>1, angka 10 tersebut akan di tambah 1 di setiap perulangannnya. Dengan begitu perulangan tidak ada akhirnya, kita akan menemui contoh infinity loop ini pada kasus - kasus tertentu, tetapi rata - rata programmer menghindari perulangan ini.

Seperti itulah, ulasan mengenai perulangan for di PHP. Kalo dilihat dari struktur nya masih sederhana, hanya saja yang membuat kita bingung itu kasus nya suka berbeda - beda. Coba lihat saja, saat kita diberikan pelajaran matematika oleh guru kita, mengenai rumus kemudian contoh yang diberikan, kita hampir semua nya bisa mengerti, tetapi ketika kita diberikan soal yang berbeda dengan contoh, hampir semua dari kita geleng - geleng kepala, he..he..he.. padahal rumus yang digunakan sama saja. Sudah jangan ngebantah, itu kenyataannya ko..
Apabila ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat

You Might Also Like

4 comments

Like us on Facebook

Archive