Eroni News
Loading...

Apa itu HTML5? Perbedaannya dengan HTML4?

Apa itu HTML5? Perbedaannya dengan HTML4? - HTML5 merupakan versi terbaru dari bahasa struktur HTML. Yang mana dasar dari HTML sendiri sudah sama - sama kita bahas pada artikel terdahulu pada Dasar Penulisan kode HTML. Seperti yang kita tahu HTML atau singkatan dari Hyper Text Markup Language, menjadikan hal yang sangat penting dalam pembuatan website, karena hampir semua dibuat oleh bahasa struktur ini. Untuk HTML5 sendiri sudah bisa mendukung oleh kebanyakan Web Browser jadi kita selaku programmer tidak perlu ragu untuk menggunakan nya, apalagi ini merupakan versi terbaru nya. Pastinya, terdapat kelebihan - kelebihan yang tidak di miliki oleh versi sebelumnya.

Apabila kamu terbiasa membuat tag seperti ini <div id=cobain>, tapi tidak untuk HTML5. pada HTML5 langsung ke kegunaan dari bagian halaman tersebut. Baik sekarang bisa dilihat perbedaannya, pada sektor sebelah kiri HTML 4, sebelah kanan HTML 5.

HTML4 HTML5
<div id="header"> <header>
<div id="menu"> <nav>
<div id="content"> <section>
<div id="post"> <article>
<div id="footer"> <footer>
Terlihat dari tabel diatas, HTML5 lebih mudah digunakan dan lebih simple. Disini bisa juga kita sebut HTML5 lebih semantik, karena penulisan HTML ditulis sesuai dengan kegunaannya. Selain itu, format penulisan dokumen dan pengkodean lainnya lebih sederhana.

HTML4 HTML5
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd"> <!DOCTYPE html>
<meta http-equiv="Content-Type" contnt="type/html;charset=utf-8"> <meta charset="utf-8">
Untuk browser yang tidak mendukung seperti Internet Explorer, bisa kamu tanggulangi dengan cara pemasangan kode HTML5Shiv. Hal ini dilakukan untuk menerjemahkan elemen HTML5 yang tidak didukung menjadi div. Kamu bisa masukkan kode dibawah ini pada bagian heading di dokumen HTML5.

<!--[if lt IE 9]>

<script src="http://html5shiv.googlecode.com/svn/trunk/html5.hs">

<![endif]-->

Untuk penyimpanannya seperti biasa nama_dokumen.html.

Berbicara tentang sejarah, HTML memiliki perjalanan yang begitu panjang, khusus nya antara v4.01 dengan v5. Mari kita lihat perkembangan HTML dari masa ke masa. Yang mana data yang berhasil saya kutip dari situs wikipedia(keyword : HTML), sebagai berikut :

  • HTML 2.0 - (RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 September 1995
  • HTML 3.2 - 14 Januari 1996
  • HTML 4.0 - 18 Desember 1997
  • HTML 4.01 (minor fixes) - 24 Desember 1999
  • ISO/IEC 15445:2000 ("ISO HTML", berdasar pada HTML 4.01 Strict) - 15 Mei 2000
  • HTML 5.0 (Stabil) rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) - 28 Oktober 2014

Sedikit informasi, kenapa antara HTML v4.01 dengan v5.0 itu rentang waktu nya cukup lama, itu karena pada tahun 1999 perkembangan HTML 4.01 terhenti dan W3C selaku badan yang bertanggung jawab dalam standarisasi teknologi internet termasuk HTML, beralih mengembangkan XHTML yang juga menemui jalan buntu pada versi 2.0.
Sekian ulasan mengenai Apa itu HTML5? perbedaanya dengan HTML4?
Yang kece pasti selalu meninggalkan komentar dibawah sebelum di tutup. ^_^ Terima Kasih.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive