Eroni News
Loading...

Membuat Text Effect Menggunakan Layer Style di Adobe Photoshop

Memberi efek pada text rasanya sangat diperlukan agar tulisan yang telah kita buat itu terlihat lebih menarik. Seperti yang kita ketahui, pemilihan font dan text memiliki peranan penting dalam desain. Karena hal itu bisa membuat desain yang telah dibuat lebih memiliki nilai jual.

Text bisa dijadikan sebagai wallpaper, poster, typography, spanduk, banner, dan lain-lain. Di sinilah peran penting font dan text dibutuhkan.

Terdapat banyak cara untuk memberikan efek pada text, salah satunya adalah dengan menggunakan layer style. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan cara untuk menambahkan efek pada text menggunakan layer style. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, pilih menu ‘file’ dan pilih ‘new’, atau menekan ‘CTRL+N’ pada keyboard. Untuk membuat dokumen kerja baru.


Pada bagian ini kita bisa men-setting dokumen sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran dokumen, nama, color mode, dan lain-lain. Saya contohkan seperti ini. Setelah selesai mengisi setting tersebut, lalu klik ‘OK’.


Setelah membuat dokumen baru, saya akan mengganti warna background tersebut dengan warna hitam.





Maka kita tinggal menekan ‘ALT+DEL’ pada keyboard, maka warna background pun berubah jadi hitam.



Setelah itu kita mulai memasukkan text yang akan kita edit dengan menggunakan text tool yang terdapat di tool box, atau menekan ‘T’ pada keyboard. Di sini saya menggunakan font ‘Vladimir Script’.


Setelah text ditambahkan. Terdapat dua layer baru, yaitu layer ‘Symphony’ dan layer ‘Hitam’. Untuk mempermudah, kita hanya mengedit pada layer ‘Symphony’ agar nanti tinggal men-copy-nya pada layer ‘Hitam’.


Pastikan memilih layer ‘Symphony’ lalu klik icon ‘Fx’ yang berada di bawah layer dan pilih ‘blending option’.


Pada layer style ini, kita bisa menambahkan berbagai macam efek seperti drop shadow, stroke, outer glow, bevel and emboss, gradient overlay, dan lainnya.


Pertama, saya akan menambahkan efek drop shadow untuk memberi sedikit bayangan pada text. Karena nantinya akan saya berikan background lain. Setting-an-nya bisa dilihat seperti ini.


Kemudian, saya menambahkan efek outer glow untuk memberi efek cahaya di luar text. Di sini saya memberi warna biru muda dengan setting-nya seperti ini.


Terakhir, saya juga menambahkan efek gradient overlay sebagai efek di dalam text tersebut. Yang kembali menggunakan warna biru muda dengan warna putih yang memudar. Setting-nya seperti ini.


Seperti inilah hasilnya.


Setelah itu, kita bisa menambahkan foto lain sebagai efek tambahan. Seperti contoh berikut. Saya akan menambahkan foto di atas layer ‘Symphony’ tersebut. Dengan cara klik menu ‘file’ dan pilih ‘place’. Kita tinggal memilih foto yang akan ditambahkan.


Atur posisi foto tersebut sampai dirasa pas.


Klik kanan pada layer foto tersebut, lalu pilih ‘create clipping mask’.


Layer foto itu pun sudah masuk dalam layer ‘Symphony’. Untuk membuat layer ‘Hitam’ memiliki efek yang sama. Kita tinggal menahan klik icon ‘Fx’ yang terdapat di layer ‘Symphony’ lalu seret ke layer ‘Hitam’.


Layer hitam pun sudah memiliki efek yang sama.


Setelah itu, kita tinggal menduplicate layer yang dijadikan clipping mask tadi, lalu letakkan di atas layer ‘Hitam’. Serta lakukan hal seperti clipping mask di layer ‘Symphony’. Seperti inilah hasilnya.


Di akhir, kita bisa menambahkan background dan pernak-pernik yang lain untuk mempermanis text yang telah kita buat tadi. Sesuai dengan kreasi kita saja. Saya contohkan hasilnya seperti ini.



Seperti itulah cara simpel menggunakan layer style untuk memberi efek pada text. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive