Eroni News
Loading...

Menghubungkan PHP ke Database MySQL dengan mudah

Menghubungkan PHP ke Database MySQL dengan mudah - PHP merupakan bahasa pemrograman berbasis website, yang bisa untuk membantu pekerjaan yang berkaitan dengan web. Selain PHP juga ada lagi namanya ASP, namun untuk di gubugweb ini berfokus pada pemrograman PHP saja. Mengenai dasar - dasar dari PHP sudah di bahas pada postingan sebelumnya, apabila ingin melihatnya di Belajar PHP dasar dengan mudah.

Bahasa pemrograman yang awalnya Pre Home Page lalu berganti menjadi Hypertext Preprocessor ini tidak bisa berdiri sendiri, karena dalam menjalankan nya harus di bantu dengan web server. Yang nanti apabila kita akan menjalankannya tidak bisa langsung double click saja. Pada PHP ini apabila dibuka langsung, halaman yang akan di tampilkan tidak berjalan dengan baik, akan tampil syntax - syntax yang ada di dalam file tersebut.

Apabila kita menyinggung mengenai web server, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya basis data atau lebih terkenal dengan sapaan database. Database merupakan tempat kita menyimpan data - data yang di input pada halaman website. Dalam pembuatan database, banyak sekali caranya, katakan saja kita bisa membuat database dengan MS Access, Oracle, MySQL, dl. Pengkhususan kita sekarang akan membahas database MySQL saja yang akan dihubungkan dari bahasa pemrograman PHP.

Untuk membuat database mySQL tentunya ada tools/alat yang akan digunakan, yaitu dengan web server. Web Server ini yang akan menampilkan dari hasil PHP yang sudah diketikan dan ditampilkan di web browser seperti mozilla firefox, google chrome, dll. Macam - macam web server yang bisa digunakan ada Appserv, XAMPP, WAMP, dll. Pada contoh kali ini akan menggunakan aplikasi appserv sebagai bahan percobaannya. Simak yaa...

Untuk menghubungkan PHP ke Database, langkah yang harus anda lakukan adalah membuat database nya terlebih dahulu. Apabila sudah, mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.
Sebelum kita menuliskan syntax nya, mari kita sama - sama lihat syntax dasarnya, seperti dibawah ini :


<?php



mysql_connect("server host","username mysql","password mysql"); //mengoneksikan ke mysql dengan mengisikan nama server host, username dan password

mysql_select_db("nama database"); //nama database yang ingin dihubungkan



?>
Apabila kita ingin mengisinya, seperti berikut ini :

<?php



mysql_connect("localhost","root","root"); //mengoneksikan ke mysql

mysql_select_db("sekolah"); //nama database



?>
Penulisan syntax diatas merupakan contoh yang saya praktekan. Dengan menggunakan password "root". Apabila anda menggunakan password selain itu silakan diganti atau tidak menggunakan password saat menginstall web server nya, kosongkan saja dengan menuliskan tanda kutip saja "".

Setelah itu, mungkin ada yang bertanya - tanya, "bagaimana kah supaya kita tahu koneksi ke database nya berhasil atau tidak?" . Disini kita menggunakan kondisi if-else untuk menentukannya, apabila anda ingin tahu tentang if-else bisa ke IF ELSE Dasar di PHP.
Dibawah ini merupakan contoh dari cara memastikan koneksi ke database berhasil atau tidak.


<?php



$koneksi = mysql_connect("localhost","root","root");

$db = mysql_select_db("sekolah");



if($koneksi && $db){

      echo "Koneksi ke database berhasil";

}else{

      echo "Koneksi gagal";

}



?>
Silahkan anda simpan dengan nama koneksi.php
Ketika kita buka lewat localhost, maka akan tampil seperti dibawah ini :
Menghubungkan PHP ke Database MySQL dengan mudah
Contoh diatas apabila pengkoneksian database MySQL berhasil. Seperti itu lah cara nya Cara menghubungkan PHP ke Database MySQL dengan mudah, apabila ada yang kurang jelas, bisa langsung tanyakan di kolom komentar bawah ini. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive