Eroni News
Loading...

Cara Mengubah CMYK Menjadi RGB di Adobe Illustrator

Cara Mengubah CMYK Menjadi RGB di Adobe Illustrator ー Media warna telah menjadi syarat wajib untuk mempermanis desain yang kamu buat (gambar non grayscale). Yang perlu kamu tahu warna dalam dunia grafis ada dua mode atau biasa disebut color mode, yaitu RGB dan CMYK. Apa itu RGB dan apa itu CMYK? akan saya ulas secara singkat padat dan semoga bisa mudah dipahami sebelum ke teknis dari tutorial ini.

RGB merupakan singkatan dari Red Green Blue, mode warna ini digunakan untuk kebutuhan akhirnya pada layar monitor atau digital, contohnya pada banner website, prototype, dan lainnya.

CMYK merupakan singkatan dari Cyan Magenta Yellow blacK, mode warna ini digunakan untuk kebutuhan akhirnya pada media cetak, contohnya desain banner yang akan dicetak oleh mesin printer.

Disini tidak ada mode warna mana yang lebih bagus ataupun jelek, karena tergantung kebutuhan desain tersebut tujuannya mau dipakai dimana. Setelah kamu tahu kebutuhan akhirnya untuk apa, tinggal dikreasikan dalam desain.

Jika membicarakan mengenai mode warna RGB dan CMYK tidak lepas dengan aplikasi yang digunakan untuk membuat desain tersebut, banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk membuat desain. Namun, kali ini akan mengulas color mode yang ada di Adobe Illustrator.

Bagi pengguna baru aplikasi ini pasti masih kebingungan untuk mengganti color mode dari CMYK ke RGB atau RGB ke CMYK ketika sudah dibuatkan dokumen. Bagi yang belum mengetahui mungkin akan membuat dokumen baru untuk mengganti color modenya.

Cara Mengubah CMYK menjadi RGB di Adobe Illustrator

  • Masuk ke menu File, pilih Document Color Mode, lalu pilih CMYK Color atau RGB Color


  • Selesai

Bagaimana mudah sekali bukan? Seperti itu cara mengubah color mode di Adobe Illustrator. Mungkin ada yang berfikir "Lah, disitu toh color modenya -_-" sama seperti yang saya alami, hehe. Oke apabila masih ada yang ingin ditanyakan boleh ajukan pada kolom komentar dibawah ini dan jangan lupa untuk dishare ya jika artikel ini bermanfaat. Ditunggu diartikel selanjutnya. See you...

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive