Eroni News
Loading...

Belajar PHP dasar dengan mudah

Belajar PHP dasar dengan mudah - PHP merupakan bahasa pemrograman yang berbasis web, mungkin teman - teman pernah mendengar yang namanya java? vb? itu juga bahasa pemrograman, tetapi ada perbedaan yang sangat terlihat sekali. Ya. . . benar sekali, untuk java, vb, dll itu berbasis desktop artinya program itu dibuka tanpa menggunakan web browser. PHP sendiri merupakan akronim dari Personal Home Page (Halaman Personal) yang digunakan untuk mengolah data formulir web. Namun dengan semakin banyak yang mulai mengembangkan hingga kini akronim PHP berubah menjadi Hypertext Preprocessing, dengan tujuan nya bisa lebih cepat serta lebih baik dari pada sebelumnya.

Versi terbaru kali ini pada PHP 5.0 dimana pada versi ini para pengguna bahasa pemrograman PHP diarahkan ke model pemrograman objek dimana pada versi sebelumnya itu masih pada model pemrograman terstruktur. Dengan model pemrograman objek kita bisa lebih mudah dalam penggunaanya.

PHP itu suatu skrip yang disisipkan atau di tanamkan pada HTML. Penggunaan nya misal pada saat membuka file nya berbeda dengan HTML, pada HTML tinggal buka saja filenya lalu selesai, namun tidak untuk PHP, karena membutuhkan yang namanya web server, apa itu web server? sudah di bahas pada postingan sebelumnya disini, jadi ketika kita bekerja dengan  bahasa pemrograman PHP maka membukanya dengan lewat web browser dimana komputer tersebut sudah terinstall web server.

Untuk lebih jelas nya bisa dicoba latihan dibawah, dimana masih latihan PHP secara dasar nya. Dengan hanya menampilkan teks saja.
Ada ciri - ciri yang menonjol pada syntax PHP ini yaitu ada nya <?php area syntax PHP siap diketikan ?>

Screenshot

Belajar PHP dasar dengan mudah
Tools
  • Web Editor (Notepad ++)
  • Web Browser (Mozilla Firefox)
  • Web Server (Appserv)

Cara pasang
Ketikan syntax/kode dibawah ini
<?php



echo "<h1> Belajar PHP menyenangkan lho </h1>";



?>
Simpan dengan ekstensi *.php atau dengan nama latihan_php.php

NB
Coba perhatikan URL SS diatas, disitu tertuliskan alamat URL untuk menampilkan file PHP yang disimpan di web server. Misal pada appserv file PHP di simpan di D:\AppServ\www artinya di dalam folder www, berbeda untuk web server lainnya katakan XAMPP penyimpanan di folder htdoc.
Buka dengan mengetikan localhost/latihan_php.php

You Might Also Like

1 comments

Like us on Facebook

Archive