Eroni News
Loading...

Membuat TextBox dengan PHP

Membuat TextBox dengan PHP - Tutorial kali ini merupakan pengembangan dari postingan sebelumnya, dimana kita membahas mengenai textbox. Namun, pada saat itu kita hanya membahas membuat textbox nya saja, belum sampai ke penerapan kegunaan dari textbox tersebut. Mungkin anda bertanya - tanya bagaimana cara menerapkan textbox nya. Untuk menerapkan kegunaannya kita membutuhkan bahasa pemrograman, pada gubugweb akan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Melihat pengantar dari PHP bisa dilihat di Belajar PHP dasar dengan mudah,dimana textbox ini bisa digunakan ketika kita akan mendaftar online, salah satu nya pada saat mengisi nama kita.

Teknis nya bagaimana?
Sedikit akan di ulas mengenai teknisnya untuk tutorial kali ini, misalkan anda sedang mengisi formulir nama, kemudian disaat anda melakukan klik tombol submit/ok maka nama yang anda masukan tadi akan tampil di halaman baru.

Biasanya kita hanya melakukan input saja. Namun, kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana membuat formulir sederhana tersebut, lebih tepatnya dengan menggunakan salah satu isi dari formulir yang bernama textbox. Pada dasarnya textbox merupakan syntax/kode dari bahasa struktur HTML, dalam menjalankan operasi nya dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP sehingga textbox tersebut bisa berfungsi.

Screenshot

form input php
form input php
output php
output php
Tools
  • Web Editor (Notepad++, DW, dll)
  • Web Browser (Mozilla, Chrome, dll)
  • Web Server (Appserv, XAMPP, dll)

Cara Pasang
[Membuat form]

<form action="tampil.php" method="POST">



Nama Anda : <input type="text" name="nama">

<input type="submit" value="Tampil">

</form>


Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama home.html

[Membuat halaman tampil]

<?php

$tampil = $_POST['nama'];



     ?> nama anda :

<?php echo $tampil

?>
Simpan dengan ekstensi *.php atau dengan nama tampil.php

Begitulah cara membuat TextBox dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, bagaimana? Asyik bukan? tidak terlalu sulit, karena ini merupakan masih dasar nya, yang hanya menampilkan teks dari textbox saja. Mengenai penjelasan dari syntax/kode diatas akan di jelaskan dibawah ini :
[Membuat form]
Mengenai penjelasan tentang form sudah ada di postingan Cara Mudah Membuat Form (tag form), namun, pada pada syntax nilai submit pada tag input, disitu ada value dengan nilai Tampil, anda bisa anda ubah.
[Membuat halaman tampil]
Mengenai PHP pun sudah dijelaskan pada postingan Belajar PHP dasar dengan mudah
Pada file ini bahasa pemrograman berperan, disitu terdapat syntax/kode :
$tampil, merupakan pembuatan variable
$_POST['nama']; , merupakan pengambilan data yang dipanggil dari halaman form html
echo, syntax untuk menampilkan dari suatu variabel, untuk contoh diatas variale nya $tampil

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive