Eroni News
Loading...

Cara Mudah Membuat Form HTML (tag form)

Cara Mudah Membuat Form HTML (tag form) - Formulir Pendaftaran atau yang biasa lebih di kenal dengan form pendaftaran mungkin sudah bukan sesuatu yang asing lagi. Namun, pernah terfikirkan tidak untuk membuat nya bagaimana? Ya. . . apabila anda masih penasaran yuk kita lanjut kan.

Form Pendaftaran hampir - hampir semua orang sudah menggunakan nya dimulai kita mendaftar sekolah SD sampai sekarang, namun pada saat itu pendaftaran dilakukan dengan cara offline dan yang akan kita sama - sama bahas sekarang form pendaftaran secara online. Bila kita sedikit flashback pendaftaran dilakukan secara offline, mempunyai beberapa kelemahan katakan saja, proses nya yang lama karena kita selaku pendaftar harus datang langsung ke tempat, belum lagi kalo tempat kita nya jauh akan memakan waktu yang lumayan lama. Nah, dengan sekarang ada nya di beberapa sekolah atau perusahaan yang memberlakukan pendaftaran secara online, ini bisa memudahkan para pendaftar tanpa harus pergi ke tempat pendaftaran. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu yang hanya untuk mendaftar saja.

Oke, sekarang kita akan sama mencoba, bagaimana membuat form pendaftaran online dengan menggunakan bahasa struktur HTML, untuk itu mari kita simak sama - sama ya. . .

Pada dasar nya pembuatan formulir pendaftaran dimulai dari tag <form> ditutup lagi dengan </form>. Dalam element form ini mempunyai attribut yaitu :

  • action, berisikan aksi terhadap form yang dikirim, bisa kita isikan dengan alamat URL (Uniform Resource Locator). Misal : tampil.php
  • method, metode pengiriman alamat URL nya ingin seperti apa. dalam attribut ini kita bisa isikan dengan nilai GET atau POST.
  • Untuk nilai dari attribut method ada GET dan POST. Untuk GET digunakan ketika kita ingin membawa nilai dari alamat URL sedangkan pada POST digunakan pada saat membawa nilai dengan menggunakan variable contoh nya pada attribut name.

Screenshot
Cara Mudah Membuat Form HTML
Tools
  • Web Editor (Notepad++, DW, dll)
  • Web Browser (Mozilla Firefox, Chrome, dll)
Cara Pasang
Ketikan syntax/kode dibawah ini ke dalam web editor
<form action="tampil.php" method="POST">



Nama Anda : <input type="text" name="nama">

<input type="submit" value="Tampil">

</form>
Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama form.html

Perlu Diingat !!!
  • Tutorial diatas hanya sampai ke pembuatan tampilan form sederhana saja
  • Belum ke tahap untuk menampilkan hasil dari form diatas
  • Adapun untuk menampilkan hasil dari form tersebut akan dibahas di postingan - postingan selanjutnya

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive