Eroni News
Loading...

Cara Membuat Text Area pada HTML dengan mudah

Cara Membuat Text Area pada HTML dengan mudah - Form Isian pasti merupakan bukan hal yang aneh lagi, baik dalam manual (bentuk hard copy) maupun dalam online. Khususnya pada saat kita mengisi form isian di online pasti akan menemukan beberapa bentuk form isian dalam setiap mengisi nama, tanggal lahir, dst... Namun, pernah terfikirkan tidak kita untuk mengetahui apa saja nama serta fungsi nya dari setiap sub form isian tersebut. Seperti pada postingan - postingan sebelumnya bahwa sudah dibahas mengenai textbox, radio button, combo box, list box. Dan sekarang akan sama - sama membahas mengenai Cara membuat Text Area pada HTML.

Yang menjadi sorotan disini ialah "Text Area", mungkin akan agak sama dengan textbox dimana fungsinya untuk melakukan input text namun ada yang berbeda yaitu pada jumlah baris nya. Text Area mempunyai lebih dari satu baris sedangkan textbox hanya satu baris. Sifatnya yang begitu fleksibel karena kita bisa melakukan drag 'n drop kotak text tersebut sesuka hati walaupun kita sudah melakukan setting lebar dan tinggi dari textarea tersebut.

Dimana kita bisa menemukan textarea ini? Pada saat kita melakukan komentar di media sosial, tanpa sadar itu menggunakan textarea karena kita bisa melakukan garis baru pada kotak tersebut. Adapun tag yang digunakan pada element Text Area ini adalah <textarea> dan ditutup dengna  </textarea> serta memiliki beberapa attribut, diantaranya :
name, untuk memberikan identitas pada textarea tersebut dengan melakukan pemberian nama.
cols, untuk memberikan nilai luas dari kolom textarea tersebut
rows, untuk memberikan nilai luas baris dari textarea tersebut

Screenshot

Tools
  • Web Editor (Notepad++, DW, dll)
  • Web Browser (Mozilla Firefox, Chrome, dll)
Cara Pasang
Ketikan sintax/kode dibawah ini ke dalam web editor
<table border=0>

<tr>

<td valign="top">Komentar : </td><td><textarea name="txtkomen" cols=15% rows=5%>

..........



</textarea></td>

</tr>

</table>
Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama textarea.html
Buka file nya dan Selesai

Penting !!!
  • Diatas ditambah dengan element table agar terlihat rapi
  • Element textarea dimulai dari tag <textarea> sampai </textarea>
  • Pada attribut name, cols, dan rows di tag textarea itu tidak harus nilainya sama seperti diatas, bisa anda ubah sesuai yang dibutuhkan.
Demikian Tutorial mengenai Cara membuat Text area pada HTML dengan mudah, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive