Eroni News
Loading...

Mengenal Web Server Lokal

Mengenal Web Server Lokal - Setelah kita kemarin sudah membahas mengenai bahasa struktur HTML yang akan menjadi cikal bakal nya suatu website atau bisa dikatakan dengan kerangka dari suatu website, namun sekarang kita sama - sama akan menuju ke bahasa pemrograman. Dimana program yang nanti kita buat akan tampil atau bisa dijalankan dengan menggunakan web browser, sebab di sini hanya membahas mengenai website. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai program ada yang harus kita perhatikan dalam pembuatan program website, diantaranya :

  • Web Browser, sangat penting sekali karena untuk menjalankan dari programannya dan sudah dibahas pada postingan sebelumnya (bisa dicari di mesin pencari disini)
  • Web Editor, ini pun perannnya sangat begitu penting, karena untuk melakukan pengetikan syntax/kode program dan sudah dibahas pada postingan sebelumnya (bisa dicari di mesin pencari disini)
  • Web Server lokal, dalam menjalankan program web, tool ini sangat dibutuhkan sekali berbeda dengan bahasa struktur yang dibukanya bisa langsung tidak harus menggunakan web server. Dan akan dibahas sama - sama pada postingan sekarang, untuk itu simak ya. . . ^_^

Dibawah merupakan skema dari proses kerja web server.

skema proses web server
skema proses web server
Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa web server digunakan untuk membuka program web. Sebab web server adalah suatu software yang melayani dari server ke client. Permintaan dari web client yang akan di olah di web server dan akan di tampilkan di web client. Itu artinya projek program tersebut hanya dibuka di web browser saja, untuk contoh dari program website nya katakan saja PHP, ASP, dan kawan - kawan.

Untuk kali ini yang menjadi tekanan artikel ini adalah web server dalam artian web server lokal dimana dijalankannya tanpa menggunakan koneksi internet. Karena ada pula web server secara luas cakupannya, artinya kita mengupload website ke server web yang ada di luar/dalam negeri. Nah, untuk sekarang tidak perlu menggunakan koneksi internet, itu artinya dimulai dari perancangan, membangun sampai ke testing dari program tersebut dilakukan dengan cara offline.

baca juga : Membuat Form HTML (tag form)

Ada beberapa web server lokal yang bisa digunakan, diantaranya : XAMPP, Appserv, WAMP, dan masih banyak lagi.
Sekarang yang akan dicontoh kan kali ini yaitu menggunakan web server lokal dengan software Appserv karena saya sedang menggunakannya. he..he..he..

Akan sedikit dibahas mengenai tata cara penginstalannya, saya asumsikan anda sudah download atau mendapatkan software appserv nya. Ikuti langkah - langkah dibawah ini :
  • Buka appserv-win32-2.5.9.exe (sekarang menggunakan versi 2.5.9 pada windows 32-bit)
  • Kemudian pilih next -> pilih I Agree -> Pilih direktorinya mau dimana (bisa di direktori C atau agar ingin lebih aman bisa di direktori selain direktori bukan penyimpanan file sistem OS, lalu next -> next
  • Isikan kolom pertama dengan nama website nya bebas karena disini asumsinya untuk mencoba di area web lokal saja
  • Isikan kolom kedua yaitu mengisi dengan email kita
  • Kolom ketiga biarkan tidak usah diubah 
  • Isika password nya root -> Pilih tombol install -> Tunggu dan selesai
Apabila selesai silakan anda buka web browser dan ketikan dikolom URL dengan mengetikan http://localhost atau http://127.0.0.1/
Misal kan kita ingin masuk ke database, akan diminta user dan password ketikan saja "root" tanpa tanda petik.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive