Eroni News
Loading...

Perbedaan Perulangan While dengan Do-While di PHP

Perbedaan Perulangan While dengan Do-While di PHP - Perulangan dalam suatu program itu sangat penting sekali, baik itu program berbasis website atau desktop. Hampir disetiap bahasa pemrograman pasti akan ada program perulangan, katakan saja Java, VB, C#, PHP, dll. Namun, itu semua bukan tanpa alasan, tujuan adanya program perulangan ialah tidak lebih agar mengefesiensikan waktu kita dalam membangun sebuah project pemrograman, sehingga tidak memakan waktu yang sia - sia. Lalu, kenapa ada relevansi (baca : hubungan) nya dengan waktu. Begini kita pasti sering melihat angka di dalam tabel yang berurut misal dari 1 sampai 10, mungkin data nya hanya ada 10 saja, bisa kita tulis secara manual, Lah kalau data nya ada 100 atau bahkan ribuan data, tidak mungkin kan kita menulis secara manual akan memakan waktu yang sia - sia yang seharus nya mengerjakan yang lain. Nah, dengan program perulangan ini lah kita bisa menghemat segalanya cukup 3 sampai 6 barisan untuk membuat ini walaupun data nya harus ribuan atau bahkan puluh ribuan. Sebelum kita terjun ke program nya, ada yang harus di perhatikan dalam menerapkan programan PHP, yaitu dengan Mengenal Web Server Lokal.

Mari kita amati screenshot dibawah ini

Perbedaan Perulangan While dengan Do-While di PHP
Itu lah yang akan sama - sama kita praktekan kali ini dengan menggunakan 2 cara yaitu while dan do-while.
Sama seperti sebelumnya, yaitu membahas mengenai perulangan, hanya saja berbeda pada jenis perulangan dimana sebelumnya tentang Perulangan For di PHP, sedangkan untuk sekarang membahas langsung 2 jenis dari perulangan yaitu while dan do..while. Mengenai bagaimana while dan do...while, mari kita sama simak penjelasan dibawah ini :

While

Melakukan pengecekan nya di awal, mempunyai 1 parameter, sisa nya 2 parameter lain yaitu start dan increment berada di baris program. Untuk lebih jelasnya mari kita coba contoh dibawah ini :
Struktur


<?php

$i = 1;

while ($i <= 10) {

     echo $i++;

}

?>
Simpan dengan ekstensi php dan coba buka
Untuk menggunakan tanpa kurung kurawal atau bisa kita sebut dengan semi colon.

<?php

$i = 1;

while ($i <= 10):

     echo $i;

     $i++;

     echo "<br/>";

endwhile;

?>

Do-while

Melakukan pengecekan kondisinya di akhir, untuk parameter nya sama seperti while yaitu mempunyai 1 parameter, sedangkan start dan increment ada di baris program. Untuk lebih jelas nya mari kita simak contoh dibawah :

<?php

$i = 1;

do {

     echo $i;

     $i++;

     echo "<br/>";

}

while ($i<=10);

?>
Simpan dengan ekstensi php dan coba buka

Bagaimana sekarang sudah bisa membedakan antara while dengan Do-while? Mudah bukan? ^_^
Contoh diatas merupakan diambil dari contoh for perulangan yang pernah di share pada postingan sebelumnya. Apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan boleh komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive