Eroni News
Loading...

Pengertian dan Mengenal tag CSS dasar

Pengertian dan Mengenal tag CSS dasar - Ini merupakan pembahasan mengenai CSS perdana, pertama kali yang dibuat. CSS ini singkatan dari Cascading Style Sheet, yang masuk ke dalam kelompok bahasa pemrograman, dimana nanti nya kelanjutan dari HTML. Sudah pasti, apabila anda ingin mempelajari CSS maka harus mengetahui terlebih dahulu HTML nya. Yang akan menstruktur kan halaman web menjadi lebih rapi dan enak untuk dilihat. Sebetulnya bisa tanpa CSS, hanya menggunakan bahasa HTML saja, tetapi pembuatan yang rumit yang akan berimbas ke harga menjadi mahal apabila program tersebut akan dijual, seperti yang dialami ketika HTML pada versi 3.2.

CSS adalah suatu bahasa pemrograman, untuk menstruktur komponen - komponen web sesuai keinginan kita, dimulai dari pewarnaan, tata letak, sampai pengaturan paragrap sekalipun bisa dengan CSS. Karena dengan CSS ini lah pengerjaan kita bisa semakin mudah, serta cepat. Namun, mudah dan cepat ini tanpa mempunyai alasan, itu karena ketika kita ingin membuat dan mengedit hanya dari 1 file saja, berbeda apabila kita ingin mengubah warna pada halaman 1 dan halaman 2, maka harus mengedit di kedua file tersebut. Mending kalo yang dibuat halaman nya hanya 2, coba misal yang dibuat pada web tersebut lebih dari 2 halaman, maka proses pembuatan dan pengeditan akan memakan waktu yang tidak sebentar. Maka dengan CSS ini lah bisa memudahkan kita baik dalam proses pembuatan maupun pengeditan.

Pengertian dan Mengenal tag CSS dasar
Dibawah akan saya coba memberikan tag dasar mengenai syntax yang akan digunakan dalam pembuatan CSS dasar ini.
h5 { font-size : 18px; color : red; }
Keterangan :
h5, merupakan selector atau tag HTML yang dipilih untuk diformat
font-size, merupakan properti dari CSS
18px, nilai dari properti CSS
{ }, merupakan tanda kurawal yang akan menjadi deklarasi atau statement CSS
Setiap proses akan diakhir dengan tanda ;
Tanda pemisah antara properti dengan nilai dengan menggunakan tanda titik dua (:)


Seperti hal nya bahasa pemrogram lainnya, katakan saja PHP, JavaScript, ASP dan lainnya. CSS pun mempunyai tag komentar, ini dimaksudkan agar tag yang dituliskan pada web editor tidak bekerja atau tampil pada web browser. CSS comment tersebut bisa kita buat dengan tag /* dan diakhir dengan */. Seperti tutorial sebelumnya yang sudah kita sama - sama pelajari mengenai Komentar pada PHP dengan mudah, tag nya sama.
Seperti itu lah pembahasan mengenai CSS dasar serta penulisan nya, apabila ada pertanyaan silakan bisa diajukan di kolom komentar saja ya. ^_^

You Might Also Like

1 comments

  1. mengenal HTML dan CSS dasar menurut saya sangat penting diera dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini. Yuk mulai belajar pemrograman web

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Archive