Eroni News
Loading...

Komentar pada Pemrograman PHP dengan mudah

Komentar pada Pemrograman PHP dengan mudah - Pemberian ekspresi komentar merupakan hal yang penting sekali dalam bahasa pemrograman, mengingat tag - tag di dalam bahasa pemrograman sangat banyak sekali, dengan komentar ini lah kita bisa memberikan label di tiap baris agar suatu saat program kita di buka lagi misal kita lupa, bisa ingat lagi karena ada pemberian komentar pada program tersebut. Namun, tidak akan bekerja dengan syntax program tersebut ketika program sedang dijalankan. Pemberian komentar memang pernah dibahas pada postingan sebelumnya pada kategori HTML yaitu pada Membuat komentar di HTML akan tetapi komentar tersebut bisa diterakan di dalam tag - tag HTML saja. Nah, untuk yang sekarang ini kita akan coba terapkan di dalam bahasa pemrograman PHP.

Komentar pada pemrograman PHP dengan mudah
Penggunaan komentar ini mungkin tidak akan begitu berguna bagi kode program yang hanya 4 sampai 10 baris saja, tetapi bagaimana jadinya apabila kode program yang akan diketikan sampai ratus atau bahkan hingga ribuan baris, ditambah lagi ada beberapa file yang harus dibuat. Mungkin untuk saat ini saja bisa mengingat serta menerka beberapa tag yang telah diketikkan. Akan tetapi, misal kita pakai nya untuk jangka panjang, artinya kode program yang sekarang kita ketikkan dan 2 tahun kemudian kita butuhkan lagi, apabila ada yang lupa beberapa tag nya, maka tidak harus susah payah mencari info dari tag tersebut, tinggal kita lihat saja komentar yang sudah diketikkan pada saat itu.

Dalam hal penulisan syntax komentar di PHP ini cukup simple cukup dengan tanda "//" tanpa tanda petik. Mengenai bagaimana cara menggunakannya, yuk sama - sama ikuti teknis nya.

Tools Web
Web Browser (Mozilla, Chrome, dll)
Web Editor (Notepad++, DW, dll)
Web Server (XAMPP, WAMP, dll)

Cara Pasang
[Pemberian komentar hanya 1 baris]

<?php

$tampil = $_POST['tampil']; //proses pengambilan variabel



echo ?> nama anda : <?php echo $tampil; //proses menampilkan dari variabel $tampil

?>
Simpan dengan ekstensi *.php atau dengan nama latihankomen.php

[Pemberian komentar lebih dari 1 baris]

<?php

/* proses pengambilan variabel

dari variabel $tampil */

$tampil = $_POST['tampil'];

echo ?> nama anda : <?php echo $tampil;

?>
Simpan dengan ekstensi *.php atau dengan nama latihankomen2.php

Pemberian nama komentar bisa diterapkan juga untuk tag - tag PHP tidak hanya kata - kata biasa saja, barang kali ada syntax yang tidak digunakan tetapi tidak dihapus mungkin saja di lain kali akan digunakan lagi. Demikian lah sedikit tutorial mengenai Komentar pada PHP dengan mudah, semoga bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas boleh ditanyakan di komentar dibawah ini.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive