Eroni News
Loading...

Pengertian Variabel serta Penulisan Variabel di PHP

Pengertian Variabel serta Penulisan Variabel di PHP - Apa kabar teman - teman, semoga dalam keadaan sehat ya, bagi yang kurang sehat semoga cepat lekas sembuh, karena dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. he..he..he..
Baik pada kesempatan sekarang ini saya ingin membagikan tentang variabel di PHP. Penggunaan variabel memang sangat lah dibutuhkan di dalam bahasa pemrograman terutama pada PHP, itu karena bahasa pemrograman identik dengan pengiriman data dari satu tempat ke tempat lain di dalam satu file atau pun di luar file, sehingga tercapai nya suatu tujuan seorang programmer dalam melakukan pengerjaan program nya.

Penulisan variabel pada PHP digambar kan dengan tanda dolar ($) diikuti dengan nama variabel, pada penulisan nama variabel bersifat case sensitive (sama persis). Nama variabel yang benar itu diawali dengan huruf atau garis bawah (underscore) kemudian diikuti dengan huruf, angka atau garis bawah. Variabel adalah kode bahasa pemrograman yang fungsinya untuk menyimpan nilai, yang nanti nilai tersebut bisa kita gunakan untuk menyimpan ke database ataupun ditampilkan lagi ke user/ditampilkan ke halama lain. Bagi para programmer pasti sudah melekat sekali ditelinga dengan yang namanya variabel ini.

Ketentuan - ketentuan
Variabel pada PHP mempunyai ketentuan - ketentuan agar bisa terhindar dari syntax error, diantaranya :

  • Seperti pada bahasan diatas, penulisan variabel tidak boleh diawali dengan angka. Contoh : $7akses
  • Variabel tidak boleh mengandung karakter. Seperti : %, #, ^, dll. Contoh : $tampil*kan
  • Variabel tidak boleh mengandung spasi. Contoh : $_tampil kan

Tools Web

  • Web Browser (Mozilla, Chrome, dll)
  • Web Editor (Notepad++, DW, dll)
  • Web Server (Appserv, XAMPP, dll)

Baik sekarang akan beralih ke tahapan teknis nya alias praktek nya. Hal yang harus diperhatikan persiapkan terlebih dahulu perlengkapannya seperti diatas, sehingga program bisa dijalankan dengan baik. Apabila sudah yuk mari kita ikuti prakteknya dibawah ini.

Latihan dasar penulisan variabel
Coba ketikan syntax dibawah ke dalam web editor dan simpan dengan ekstensi *.php atau dengan nama lat_variabel.php


<?php

$var = "Naru";

$VaR = "Sasu";



echo "$var, $VaR <br>";





$4site = 'Majalengka';

$_4site = 'Matdis';

$_Ãsite = 'comro';



echo "$4site, $_4site, $_Ãsite";



?>



Coba perhatikan kira - kira ada yang salah tidak dengan syntax diatas? jawabannya adalah salah sehingga ekspresi tampilan yang akan tampil di web browser seperti dibawah ini.
ekspresi variabel salah php

Nah, lantas dimana letak yang salah nya, coba perhatikan dari aturan dalam penulisan variabel yang sudah dibahas dipostingan ini paling atas, bahwa penulisan variabel harus diawali dengan huruf atau garis bawah, maka selain itu akan disalahakan. Seperti dibawah ini.

<?php

$var = "Naru";

$VaR = "Sasu";



echo "$var, $VaR <br>";







$_4site = 'Matdis';

$_Ãsite = 'comro';



echo " $_4site, $_Ãsite";



?>
Maka ketika kita akan coba membuka nya tampilannya seperti dibawah ini.
ekspresi variabel benar php
Seperti itulah yang akan tampil dari syntax diatas yang merupakan perbaikan dari syntax tadi yang salah diawal. Mungkin ada yang bertanya, "itu kenapa ada huruf A karakter pada penulisan variabel, apakah bisa? dan kenapa itu bisa bekerja?" Jawabannya, bisa, karena 'A' karakter tersebut merupakan kode ASCII.
Demikian sedikit pembahasan mengenai Pengertian Variabel serta Penulisan Variabel di PHP semoga bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah ini.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive