Eroni News
Loading...

Penerapan selector id dan class pada CSS

Penerapan selector id dan class pada CSS
Penerapan selector id dan class pada CSS - Dalam penerapan selector id dan class pada CSS ini termasuk ke dalam kelompok tutorial CSS dasar. Yang mana kita selalu kebingungan antara id dengan class, mungkin dari fungsi nya ada kesamaan yaitu sama - sama untuk memanggil gaya dari css luar, tetapi ada sisi perbedaannya, yang akan sama - sama kita bahas. Untuk itu mari disimak ya.
CSS atau merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet merupakan bahasa pemrograman untuk membantu pembuatan struktur web dengan HTML agar lebih mudah dan menarik. Bila kita postingan sebelum ini membahas Pengertian dan Pengenalan tag CSS dasar dimana postingannya berisi tentang pengertian serta pengenalan tag dasar dari CSS.


Kelanjutan dari itu, CSS mempunyai id dan class, kedua tag tersebut disebut dengan selector, dimana dibawah akan dijelaskan pengertiannya.
Selector id
Digunakan untuk memberikan style pada elemen tunggal saja. Diberikan definisi "#", yang bisa dicontoh kan sebagai berikut ini :
#pilih
{
text-align : left;
color : blue;
}
syntax diatas akan diterapkan pada file css luar atau pada file html, dan diterapkan dengan id = "pilih"

Selector class
Digunakan untuk memberikan style pada beberapa elemen. Disinilah titik perbedaan nya bahwa selector class bisa memberikan gaya pada halaman web lebih dari satu elemen. Pendefinisiannya pun berbeda pada selector class didefiniskan ".", yang bisa dicontoh kan sebagai berikut ini :
.kanan
{
text-align : right;
}
Dengan syntax diatas kita bisa artikan bahwa element HTML yang mempunyai class kanan akan dibuat perataannya kanan.
Contoh lain
p.kanan
{
text-aling : right;
}
Dengan syntax diatas kita bisa artikan bahwa element HTML p dengan class = "kanan" akan dibuat perataan kanan

Perlu Diingat !!!
"Jangan gunakan angka untuk memberikan nama pada id dan class, karena tidak akan bekerja pada mozilla firefox"

Seperti itu lah tutorial mengenai selector id dan class pada CSS, bagaimana? sekarang sudah lumayan jelas bukan? atau masih remang - remang. he..he..he.., kalau masih ada yang kurang jelas bisa anda tanyakan pada komentar dibawah ini. Semoga tutorial penerapan selector id dan class pada CSS ini bisa bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive