Eroni News
Loading...
,

Cara - Cara Menghubungkan CSS ke halaman HTML

Cara - Cara Menghubungkan CSS ke halaman HTML
Cara - Cara Menghubungkan CSS ke halaman HTML - Dimana yang sudah sama - sama kita bahas mengenai CSS ialah baru mengenai pengertian CSS serta cara penulisannya saja. Namun, ada yang bertanya seperti ini, "Bagaimana mas cara menerapkan/menghubungkan ke HTML nya?", dari pertanyaan itu saya tergerak untuk membuat tutorial ini. Bagi yang biasa hidupnya tidak lepas dari pengkodingan website, pasti bukan istilah yang asing lagi, dimana CSS ini seperti yang kita ketahui, mempunyai peran yang sangat penting, salah satunya untuk mengatur tata letak serta gaya halaman agar bisa terlihat rapi dan enak dilihat oleh pengunjung. Kenapa saya hubungkan antara website yang rapi dan bagus gaya nya dengan pengunjung, itu karena pengunjung tidak hanya melihat isi dari postingan saja, tetapi melihat dari sisi lainnya juga, seperti dari kerapian, gaya, dll sehingga pengunjung betah berselancar di website kita. Karena bagaimana pun juga pengunjung adalah nyawa bagi website kita. Ya. . . walaupun misal nya kita kurang dalam hal seni nya, minimal kita bisa membuat webiste tersebut bisa menjadi rapi dan nyaman bagi para pengunjung.

Ada beberapa cara untuk menghubungkan dari CSS ke HTML, diantaranya :
1. Internal style sheet
 Pada cara pemberian gaya HTML ini apabila kondisinya anda ingin memberikan gaya yang unik pada satu halaman saja. Penempatan gaya nya pada bagian kepala HTML, misal dengan style seperti dibawah ini :
<head>
<style>

 ..area kode css..

</style>

</head>
2. External style sheet
Pada cara ini apabila kita sedang membuat halaman lebih dari satu atau banyak, dengan cara ini lah anda cukup melakukan pengeditan pada satu halaman saja yang nantinya harus terhubung ke halaman - halaman yang dibutuhkan gaya/style. Kita gunakan tag <link>. Yang ditempatkan pada bagian kepala HTML, untuk lebih jelasnya, seperti contoh dibawah ini :
<head><link rel = "stylesheet" type = "text/css" href = "style.css" />
</head>
Sekarang membuat file CSS nya, bisa dibuat dengan web editor apa saja, misal notepad. Disimpan dengan ekstensi *.css. Contoh nya seperti dibawah ini :
p {margin-right:15px;}
h2 {color:blue;}
3. Inline style
Pemberian gaya HTML pada cara ini disisipkan pada tag HTML. Contoh nya seperti dibawah ini :
<p style="color:sienna; margin-left:100px;">This is a paragraph.</p>
Coba simpan dengan format *.html

Seperti itu lah cara - cara menghubungkan CSS ke halaman HTML, apabila ada yang kurang boleh ditanyakan dikolom komentar bawah ini.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive