Eroni News
Loading...
,

Cara Mudah Menghitung Jumlah Data pada Tabel di Database


Membuat Syntax Highlighter Ringan dengan CSS di Blogger - Cara ini cocok sekali bagi kamu yang sedang mengolah data dari suatu tabel di didalam Database dengan jumlah record yang sangat banyak. Awalnya ketika saya ingin memunculkan data dari suatu tabel di Database menggunakan SQL Server, pada saat itu data yang harus di munculkan 3 jutaan record. Otomatis harus menunggu lumayan lama untuk memunculkan data tersebut. Padahal saya hanya butuh informasi jumlah record nya saja.

Kasus tersebut bisa teratasi dengan menggunakan COUNT untuk menghitung isi record pada tabel dan tidak menghitung data kosong.
Cara ini bisa kamu gunakan pada beberapa jenis database, pada kasus saya kali ini digunakan pada SQL Server. Berikut ini skrip dasar untuk memunculkan isi data dalam tabel.

SELECT COUNT(nama_kolom) FROM nama_table

Bagaimana sederhana dan pendek ya skrip nya, kali ini saya ambil contoh untuk menampilkan jumlah data pada nama kolom "alamat" di tabel "siswa"

SELECT COUNT(alamat) FROM siswa

Sedikit tips, karena cara ini tidak berlaku untuk data yang kosong. Jika kamu ingin memunculkan semua jumlah record, sedangkan di dalam kolom tersebut ada record yang kosong, bisa kamu gunakan kolom ID yang sudah autoincrement, karena sudah pasti isi kolom tersebut tidak akan kosong.

Demikian artikel Cara Mudah Menghitung Jumlah Data pada Tabel di Database, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive