Eroni News
Loading...

Membuat ListBox di HTML dengan mudah

Membuat ListBox di HTML dengan mudah - Kembali saya akan membagikan tutorial mengenai bahasa struktur HTML, yang lebih tepatnya tentang pembuatan listbox di HTML. Teman - teman pernah mendengar kata listbox atau mungkin pernah melihatnya? ya. Mungkin ada yang mengetahui namun ada sebagian pula yang belum mengetahuinya, bila anda sedang mencari tool ini maka tepat sekali, maka dari itu silahkan teruskan ya ^_^ .

Apabila kita berbicara HTML ya pasti nya tentang hal yang berbau website, yaitu yang lebih berurusan kepada struktur dari website itu ibaratkan tubuhnya website, buka ke programnya yang berarti menangani tentang fungsi tertentu, nah HTML tidak menangani hal itu. Baik sekali lagi HTML hanyalah untuk membangun suatu struktur HTML bahwa di dalam website tersebut ada apa saja mulai dari atas sampai ke bawah.

Setelah flashback sebentar, baik sekarang kita kembali lagi ke pokok bahasan utama yaitu listbox di html, penggunaan listbox digunakan untuk memberikan pilihan kepada user/visitor agar bisa memilih salah satu diantara beberapa pilihan, dimana pilihan - pilihan tersebut dengan jumlah banyak, sebab apabila melakukan pemilihan dari pilihan yang sedikit cukup dengan radio button saja.

baca juga : membuat radio button di HTML

Tag yang digunakan hampir sama dengan pada pembuatan combo box, namun yang membedakan hanyalah penggunaan attribut size pada tag select, sedangkan pada combo box tidak menggunakannya. Yaitu tag yang digunakan menggunakan select dan mempunyai elemen <option> ... </option> yang harus ada diantara tag <select> dan </select> . Serta mempunyai attribut, diantaranya :

  • name, attribut yang dignakan pada tag select ini, untuk penamaan pada listbox apabila kita membuat form mobil, kita bisa memberikan nama "mobil". Biasa nya akan digunakan untuk di panggil ke halaman lain.
  • size, attribut yang dignakan pada tag select ini, untuk memberikan ukuran pada bentuk combo box sehingga bentuk nya lebih tinggi dari pada combo box.
  • value, attribut yang dignakan pada tag option ini, memberikan nama pada tiap mobil misal pada mobil maka isinya "yaris", pada ford maka isinya "ford", dll. Ini biasanya untuk tingkat lanjut akan digunakan untuk dipanggil serta ditampilkan dihalaman lain.

Dimana kita bisa menemukan listbox ini? biasanya kita temukan di saat kita mengikuti quis online atau survey disalah satu website. Kita akan menemukan listbox ini, yang seperti pada SS(baca : ScreenShot) dibawah ini. Mungkin dari bentuk hampir mirip dengan combo box seperti yang sudah sama - sama kita bahas dipostingan sebelumnya yakni membuat combo box di HTML. bentuk nya agak berbeda sedikit yang membedakan disini dari tingginya pada listbox lebih tinggi dari pada combo box, artinya menggunakan attribut size pada tag select.

Screenshot
Tools

  • Web Editor (notepad, DW, dll)
  • Web Browser (Mozilla, Chrome, dll)

Cara Pasang
Ketikan sintax/kode dibawah ini di web editor

<form>

<p>Pilih merk mobil:</p>



<select name="Name mobil" size="3">

 <option value="1">Yaris</option>

<option value="2">Ford</option>

<option value="3">Audi</option>

<option value="4">Honda Jazz</option>

<option value="5">JEEP</option>

 </select>

<p><input type="submit" value="submit" /></p>

</form>

Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama listbox.html dan buka di web browser
Selesai

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive