Eroni News
Loading...

Membuat radio button di HTML

Membuat radio button di HTML - Kembali pada kesempatan yang cukup berbahagia ini, penulis akan membagikan tutorial mengenai HTML, lebih tepatnya pada penggunaan radio button, bila kita ingin mengetahui dimana saja kita menemukan fitur yang satu ini, anda pernah daftar facebook, google? atau situs - situs lainnya ketika mendaftar diminta untuk mengisikan form jenis kelamin, disitulah kita bisa menemukan radio button. Ya. . . yang memilih nya harus satu diantara 2 atau lebih pilihan yang ada, lebih sering nya disaat menentukan jenis kelamin ketika mendaftar.

Dengan Radio Button akan memudahkan para pengguna ketika mendaftar serta membuat konsistensi data yang masuk terutama pada data jenis kelamin ketika masuk ke dalam database. Mungkin kebayang apabila data yang dimasukkan tidak menggunakan radio button, maka data yang masuk akan berbeda - beda ke dalam database, terlepas dari itu radio button digunakan apabila data tersebut sudah baku, artinya semua orang pasti mempunyai data diantara dua atau lebih tersebut. Terkecuali jenis kelaminnya yang tidak konsisten, he.. he.. he.., Ok, lanjutkan lagi ke pembahasan dari radio button ini, bahwa bahasa pemrograman yang bisa menampilkan fitur yang satu ini pun banyak semisal java, vb, C#, dll. Namun pada kali ini akan diulas radio button pada HTML yang tentunya berbasis web.

Mengenai radio button di HTML tidak akan terlepas dengan yang namanya tag serta attribut, tag yang digunakan adalah <input> dan mempunyai attribut diantaranya :

  • type, menentukan type apa yang akan di masukkan, karena kita sekarang membahas radio button, maka nilai yang bisa dimasukan yaitu "radio".
  • name, untuk penamaan dari radio button, yang bisa dipanggil ke halaman lain.
  • value, memberikan nama dan bisa ditampilkan di halaman lain.
  • checked, harus ada salah satu diantara tag input. Untuk menentukan pilihan secara default disalah satu pilihan. Pada attribut ini tidak membutuhkan nilai.
Screenshot
Tools
  • Web Editor (Notepad)
  • Web Browser (Mozilla)
Cara Pasang
  • Ketikan kode dibawah ini didalam web editor


<input type="radio" name="jkel" value="laki-laki" checked>Laki - laki

<br>

<input type="radio" name="jkel" value="Perempuan">Perempuan


  • Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama radio.html
  • Buka dan selesai

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive