Eroni News
Loading...

Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel

Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel - Berawal ketika saya ingin mengupload gambar untuk postingan blog, dalam hati bertanya "Kok upload gambar lama banget ya?", pas dilihat ukuran nya ratusan kb, hehe. Jadi saya mencari cara agar gambar tersebut bisa menjadi kecil ukurannya tapi dimensi pixel nya tetap.

Mengubah ukuran gambar agar menjadi lebih kecil atau dikenal dengan sebutan resize, tadinya saya lakukan dengan cara mengubah dimensinya, ada perubahan tapi hanya sedikit perbedaannya antara setelah di ubah dan sebelum.

Selain, agar proses upload gambar nya tidak terlalu lama, ukuran gambar pun berpengaruh pada halaman yang dibuka oleh pengunjung, semakin kecil ukuran gambar maka semakin cepat pula proses loading halaman yang dimuat.

Akhirnya saya menemukan caranya untuk melakukan resize tanpa mengubah dimensi pixel nya.
Sebenarnya banyak aplikasi yang menawarkan untuk melakukan resize gambar ini, baik itu offline maupun online. Tapi, kali ini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS. Caranya pun cukup mudah dan lumayan singkat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan gambar yang akan di resize atau ubah ukuran.

Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel

1. Buka aplikasi photoshop, masuk ke File dan pilih Save for Web (seperti gambar dibawah ini). Lalu pilih opsi Preset, untuk mencobanya boleh di coba satu persatu.
Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel 1
2. Saya mencoba format JPG dengan 3 opsi. Dari gambar asli ukurannya 280 KB, saya coba opsi JPEG-High ukurannya menjadi 90 KB, lalu JPEG-Low 30 KB dan JPEG-Medium ukurannya 44 KB (seperti gambar dibawah ini)
Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel 2
Bagaimana? mudah bukan. Dimensi gambar - gambar diatas tetap sama, tapi yang berubah nya hanya ukurannya saja. Apabila kamu ingin mengubah dimensi nya, sama seperti tadi ke menu File lalu ke Save for Web ke  Menu Image Size, bisa ubah sesuai selera kamu yang dilingkari warna merah 
Cara Ubah Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel 3
(Baca juga : Limit Download Google Drive)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive