Eroni News
Loading...

Cara membuat checkbox dengan HTML

Cara membuat checkbox dengan HTML - Membuat pilihan tentunya yang sering kita lakukan ketika kita bercerita saat bergaul, apalagi disaat masa - masa taman kanak - kanak sering kita menanyakan kepada teman - teman yang lain, "kartun apa saja favorit kamu?" maka macam - macam jawabannya ada yang favorit nya "doraemon, tamiya, dora" atau dengan jawaban lainnya. Memang sangat menyenangkan sekali saat masa - masa TK, banyak sekali pilihan yang menarik. Kemudian saat kita beranjak ke remaja serta dewasa mungkin pilihan - pilihannya beda lagi, pasti akan bermacam - macam.

Namun dari pilihan itu sendiri ada yang baku, artinya kita harus memilih 1 saja diantara pilihan lainnya dan ada juga bisa memilih nya bebas sesuka hati, artinya kita memilih 1 saja tidak apa - apa, memilih lebih dari 2 pun tidak akan menjadi masalah. Nah. . . pada kali ini akan membahas mengenai memilih pilihan dengan bebas bisa 1, bisa juga lebih dari 2 pilihan yang ada. Yang biasa dikenal dengan sebutan "checkbox", artinya kita memilih dengan menceklis kotak yang dipilihnya.

Mungkin dari tadi secara penjelasan, belum begitu terbayang. Agar ingin tahu checkbox itu seperti apa, penulis akan tanya. "Anda punya antivirus di laptop?" apabila punya dan pernah melakukan scan terhadap komputer anda dan komputer tersebut terinveksi virus, maka akan ada pilihan virus yang mana saja yang akan di hapus. Bagaimana? sudah terbayang bentuk mungkin dari fungsinya juga? Ok, apabila sudah, mari kita lanjutkan.

Pada pembuatan checkbox sekarang akan di terapkan pada bahasa struktur HTML, mungkin dengan bahasa pemrograman lain juga bisa, katakan lah vb, java, C#, dll. Pada penulisan checkbox atau yang disebut dengan tag, yaitu dengan tag <input> dan memiliki beberapa attribut didalamnya, diantaranya :
type, digunakan untuk menentukan jenis masukannya, karena sekarang membuat checkbox, maka nilai yang bisa dimasukan pada tag ini adalah "checkbox"
name, untuk penamaan yang nantinya bisa digunakan di halaman lain untuk kebutuhan programer di dalam program.
value, untuk menentukan nama yang nantinya di panggil di halaman lain untuk kebutuhan user sebagai output.

Screenshot

Tools
  • Web Editor (notepad)
  • Web Browser (mozilla firefox)
Cara Pasang
Ketikan kode dibawah ke dalam web editor

Smartphone apa saja kesukaan anda :<br>

<input type="checkbox" name="check1" value="Samsung">Samsung<br/>

<input type="checkbox" name="check2" value="Smartfren">Smartfren<br/>

<input type="checkbox" name="check3" value="Asus">Asus<br/>

<input type="checkbox" name="check4" value="Lain">Lainnya<br/>

Simpan dengan ekstensi *.html atau dengan nama checkbox.html

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive