Eroni News
Loading...

Mengenal Pen Tool di Adobe Photoshop


Pen tool adalah salah satu dari sekian banyak tool yang terdapat di Adobe Photoshop. Tool ini sangat sering digunakan, karena banyak sekali fungsinya. Cara menggunakan pen tool cukup mudah, yaitu dengan memberikan anchor point pada setiap jalur yang pada akhirnya membentuk suatu objek.

Pen tool terletak di antara dodge tool dan text tool.

Pen tool terdapat dua mode, yaitu mode ‘shape’ dan juga mode ‘path’. Seperti yang terlihat pada gambar.

Kedua mode tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Yang bisa memudahkan kita dalam membuat desain.

Untuk contoh pertama, saya akan membahas pen tool dengan mode ‘shape’.

Pertama, pilih pen tool dengan mengklik icon di tool box atau menekan tombol ‘p’ pada keyboard. Serta pastikan mode pen tool tersebut dalam mode ‘shape’.

Kemudian, mulai beri anchor point pada setiap jalur yang akan kita bentuk hingga pada akhirnya membentuk suatu objek. Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :




Sampai akhirnya menjadi sebuah objek. Setelah itu, kita bisa memberi warna dari objek tersebut sesuai keinginan.

Dalam mode ‘shape’, terdapat pilihan lain yang bisa gunakan untuk objek yang telah kita buat tersebut. Yaitu ‘new’, ‘combine’, ‘subtract’, dan ‘intersect’, yang terdapat pada option box. Berikut penjelasannya :

New

Pilihan ini memungkinkan kita untuk membuat ‘shape’ pada layer baru, yang mungkin kita akan membuat ‘shape’ dalam warna yang berbeda.

Combine

Pilihan ini untuk membuat ‘shape’ baru, tetapi masih pada layer yang sama. Pilihan ini bisa kita gunakan untuk menghemat layer.

Subtract

Pilihan ini digunakan untuk menghilangkan bagian ‘shape’ yang telah kita beri anchor point baru.

Intersect

Pilihan ini digunakan untuk membuat ‘shape’ baru di dalam ‘shape’ yang telah kita buat tadi, dengan menghilangkan bagian yang berdua di luar anchor point.



Sedangkan, pen tool dalam mode ‘path’ juga sama saja dalam penggunaannya. Hanya saja, dalam mode ini kita membuat jalur dengan anchor point. Setelah itu kita bisa menjadikan ‘shape’ dalam satu kesatuan objek (tanpa bisa diedit lagi), menebalkan stroke, juga bisa untuk memotong gambar.

Penggunaannya seperti ini:

Pertama, pilih pen tool dengan mengklik icon di tool box atau menekan tombol ‘p’ pada keyboard. Serta pastikan mode pen tool tersebut dalam mode ‘path’.

Kemudian, mulai beri anchor point. Minimal beri dua anchor point.

Lakukan sampai membentuk suatu objek.



Untuk menjadikannya sebuah seleksi, kita tinggal menekan ctrl+enter pada keyboard.
Setelah itu, kita bisa mengkreasikannya sesuai kebutuhan. Di sini saya contohkan dengan mengisi warna pada seleksi tersebut.
Klik ‘create new fill or adjusment layer’ yang terletak di bawah layer dan pilih ‘solid color’.
Setelah itu tinggal pilih warna dan seleksi tersebut sudah terisi warna.



Selain beberapa contoh di atas, pen tool juga berfungsi untuk memotong gamba, dengan menyeleksi gambar yang akan dipotong tersebut menggunakan mode ‘path’. Juga sebagai tracing untuk membuat gambar digital. Serta masih banyak fungsi lainnya.

Demikian sedikit penjelasan tentang pen tool, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive