Eroni News
Loading...
,

Cara Mengubah dari MBR ke GPT tanpa Kehilangan Data

Cara Mengubah dari MBR ke GPT tanpa Kehilangan Data - Saat mencoba menginstall linux ubuntu yang di dual boot kan dengan Windows 8.1 gagal di pasang. Karena saya ingin menempatkan Linux pada partisi baru di hardisk, supaya lebih rapi dan tidak berdampingan dengan direktori system Windows. Namun, ketika dibuatkan partisi baru, ada kendala ketika mau membuat partisi dengan file system Ext4, karena Linux sendiri hanya bisa mengenali file system Ext, yang terbaru kali ini yaitu Ext4.

Keterangan error saat ingin mengganti dari NTFS ke Ext4, intinya hardisk anda harus dalam type GPT. Akhirnya saya mencari referensi agar bisa mengubah dari MBR ke GPT tanpa kehilangan data. MBR (Master Boot Record) adalah tipe yang spesial dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur system tersebut. Sedangkan GPT (GUID Partition Table) merupakan bagian dari EFI System, yang mendefinisikan standar layout tabel partisi yang ada pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. GPT ini yang menjadi pengganti peran dari MBR, karena perangkat - perangkat terbaru sekarang menggunakan type partisi GPT.


Baik, mengubah dari MBR ke GPT tanpa hardisk kita terformat, menggunakan software Minitool Partition dengan versi 10.2.2, bisa ikuti langkah - langkah nya sebagai berikut :
- Blok disk mana yang akan di ubah, pilih Convert MBR Disk to GPT Disk


- Tidak lama, akan muncul sepertian dibawah ini
- Setelah tampil seperti gambar diatas, anda pilih klik tombol Ceklis
- Akan muncul kotak dialog baru, pilih Yes saja
- Maka proses pengubahan type partisi dari MBR Disk ke GPT Disk, sedang berlangsung
- Jika sudah, pilih Yes saja

Seperti itu Cara Mengubah dari MBR ke GPT tanpa Kehilangan Data, semoga bermanfaat dan bila ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan pada kolom komentar dibawah.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive