Eroni News
Loading...

Membuat Playlist Musik / Lagu di HTML by flash mp3 player

Membuat Playlist Musik / Lagu di HTML by flash mp3 player - Berawal dari komentar sahabat blog ASR Tutorial, yang mengatakan kalau playlist musik yang dibuat di HTML by Dewplayer sudah tidak bisa digunakan padahal pada file swf nya bisa diputar. Mohon maaf mungkin agak lama untuk respon nya, maklum saya tidak full di blog ada kegiatan di dunia offline nya. hehe. Baik kembali ke topik utama, setelah saya lihat ternyata situs dewplayer nya sudah tidak bisa diakses, akhirnya saya dapat dari flash mp3 player.

Playlist musik terkadang dibutuhkan pada web, terutama websitenya mengenai musik, seharusnya ada playlist musiknya atau pemutar musik. Web yang akan coba kita buat masih menggunakan HTML saja dan berdiri sebagai client side. Jadi tidak perlu web server seperti xampp, wamp dan sejenisnya. Pada tutorial kali ini tidak jauh berbeda dengan playlist sebelumnya, hanya saja kali ini lebih sederhana, pemanggil swf dan urutan playlist lagu nya tempatkan pada satu file saja.

Sebelum ke tahap teknis saya akan berikan capture dari playlist yang akan di akan dibagikan sekarang, seperti dibawah ini.

Playlist Musik / Lagu di HTML

Cara pasang

1. Download terlebih dahulu Flash mp3 player
2. Setelah itu, anda ekstrak yang sudah didownload dan buka
3. Masukan file mp3 nya ke dalam folder flash mp3 player multi
3. Lalu, buka file yang bernama player_mp3_multi.html. Anda bisa buka dengan notepad, agar tidak bingung bisa dengan editor lainnya, bisa simak Memilih Web Editor yang tepat
4. Langsung menuju kode yang di tandai kotak merah seperti gambar dibawah ini
Editing kode playlist musik di HTML
gambar 1. Editing kode playlist musik di HTML
Penjelasan gambar 1.
a = anda masukan nama file musiknya beserta ekstensi file tersebut
b = memasukan nama yang nantinya tampil di interface playlist musiknya
5. Selesai. Anda bisa coba dibuka file player_mp3_multi.html nya dengan browser.

Bagaimana mudah bukan Membuat Playlist Musik / Lagu di HTML by flash mp3 player, apabila ada kesulitan atau ada tambahan ide dari teman - teman, bisa di diskusikan pada kolom komentar bawah ya.

NB
Setelah di testing, playlist ini bisa di putar pada browser chrome, IE. Dan tidak bisa di mozilla firefox.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive