Eroni News
Loading...

Cara Mencetak Berbeda Halaman atau Section Break di Microsoft Word

Microsoft word bukan lagi aplikasi yang anyar ditelinga kita, karena setiap pekerjaan, baik itu di sekolah/perkantoran/pribadi sekalipun kebanyakan menggunakan microsoft office khusus nya microsoft word dalam hal pengolahan kata. Namun, walaupun aplikasi ini digunakan sudah lama, tapi ada saja yang belum tahu beberapa fitur yang ada pada microsoft word, yang tentunya untuk memudahkan pekerjaan kita.

Salah satunya section break, fungsi ini digunakan apabila kamu ingin membuat dua halaman yang berbeda tapi masih dalam satu file. Biasanya digunakan pada pembuatan buku/makalah/skripsi, yang mengharuskan beberapa file itu berbeda tapi masih dalam satu file.

Tapi, pada topik kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai section break pada microsoft word, karena sudah di bahas pada post sebelumnya. Yang akan coba saya bagikan adalah Cara Mencetak Berbeda Halaman atau Section Break di Microsoft Word. Mungkin bagi yang belum mengetahui cara nya, terkadang terlintas di pikiran kita itu susah. Tapi, apabila sudah mencoba nya tips/cara ini cukup mudah sekali.

Oleh karena itu, yuk mari simak cara nya. Sederhana saja kok, cukup buat dulu file nya yang menggunakan section break dalam satu file. Cara selengkapnya pada Membuat Halaman Section Break MS Word, karena pada post kali ini lebih menitikberatkan pada cara mencetak nya ya.

Ikuti langkah - langkah nya sebagai berikut ini :

  • Saya asumsikan kamu sudah membuat halaman yang sudah terpasang section break nya ya
  • Langsung print (bisa dengan shortcut CTRL+P), akan tampil kurang lebih seperti dibawah ini (saya menggunakan canon ip2770 dan microsoft office 2010), tuliskan halaman berapa saja yang mau dicetak pada kotak warna merah dibawah ini
  •  Saya ambil contoh dibawah ini
(pada kotak warna merah adalah section dan kotak biru adalah page/halaman)
Misal (angka romawi pada section 4 dan angka biasa section 5):
- Mau cetak halaman 12 romawi saja, bisa dituliskan p12s4 (dibaca : page/halaman 12 pada section 4)
- Mau cetak beberapa halaman yang tidak terurut, contoh hanya halaman 12 romawi, 1 dan 4 biasa saja yang dicetak tapi berbeda section, bisa dituliskan p12s4, p1s5, p4s5 (dibaca : page/halaman 12 pada section 4 dan page 1 section 5 dan page 4 section 5)
- Mau cetak dari halaman x ke halaman y, tapi berbeda section. dari halaman 12 romawi ke halaman 5 biasa. bisa dituliskan p12s4-p5s5 (dibaca : page/halaman 12 section 4 sampai ke page 5 section 5)

  • Tuliskan pada kolom pages, setelah itu Print
(Ulasan menarik lainnya : Cara Screenshot satu halaman penuh di firefox)

Demikian, sedikit ilmu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Tips ini saya dapat ketika mengikuti matkul P.A.K, memang awalnya bingung dan lumayan sulit, tapi terus dicoba dan coba akhirnya bisa dan Alhamdulillah bisa dipakai sampai sekarang ini, untuk menyelesaikan tugas akhir. Apabila ada yang kurang jelas, bisa tanyakan saja langsung pada kolom komentar ya.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Archive